Tuesday, November 5, 2019

Serge Lutens Chergui

Image result for serge lutens chergui


Serge Lutens Chergui edp
-----------------------------------

Nose | Perfumer : Christopher Sheldrake

NOTES :
Tobacco Leaves, Honey, Iris, Sandalwood, Amber, Musk, Incense, Rose, and Hay 
------------------------------------------


Launched in 2005.

Parfum ini definitely not for everyone's taste, so make sure kamu coba dulu parfum ini dengan beli sample vial atau decant-nya terlebih dahulu, karena ini termasuk parfum yang sebaiknya jangan di beli secara blind buy hehe.. Mending kamu coba dulu parfumnya sebelum nekat beli karena memang wanginya bukan selera orang banyak. Ini wanginya sangat 'niche', alias nggak semua orang suka wangi yang kaya begini. Apalagi untuk dipakai di negara kita yang tropis ini. Karena aroma parfum ini cenderung berat dan very spicy, jadi cocoknya memang dipakai untuk cuaca dingin.

Wanginya juga lumayan complex, dan definitely bukan wangi parfum biasa hehe Tapiii... kalau kalian suka parfum yang wanginya unik dan nggak pasaran, atau kalian memang tipe penyuka parfum yang berat dengan paduan notes yang unik maka Chergui bisa menjadi pilihan :)


Parfum ini unisex karena wanginya tidak cenderung feminine maupun terlalu maskulin. Sebenarnya wanginya sulit untuk dijelaskan. Warna juice nya merah gelap dan it's a very spicy perfume. Parfum ini berat dan punya depth yang lumayan, karena ada unsur wangi tembakau, amber, dan incense alias dupa yang bergabung menjadi satu menjadi sebuah aroma yang hangat, berat, dan aromatic.

Tapi walaupun awalnya terkesan berat dan 'dalam', lama kelamaan aroma-nya berangsur-angsur menjadi lebih ringan karena kemudian muncul aroma yang powdery dari bunga iris. Dan semakin mendekati dry down aroma-nya semakin bisa dinikmati. Dengan kehangatan wangi amber dan kayu cendana, ditambah aroma tembakau yang masih tercium sejak awal, serta wangi bunga mawar yang sedikit powdery, menjadikannya lebih lembut dan lebih creamy. Pada fase dry down nya aroma jerami nya juga muncul ke permukaan, menambahkan sensasi hijau rerumputan dan earthy vibes pada aroma parfumnya. 

Kalau menurut pengalaman pribadi, saya sendiri pun sebenernya susah untuk suka parfum ini. Karena wanginya cenderung terlalu berat untuk saya, dan wangi tobacco yang digembor-gemborkan orang yang sudah mencoba Chergui ternyata di kulit saya malah nggak terlalu keluar. Yang keluar malah wangi hay alias jerami. Jadi di saya parfum ini wanginya kurang cocok karena tidak keluar seenak yang seharusnya.

Tapiiii..... ketika dipakai suami saya ternyata parfum ini jauh lebih enak wanginya! Sepertinya lebih cocok dengan body chemistry hubby. Karena ketika dipakai hubby aroma tobacco nya keluar banget, dan aroma creamy nya juga tercium jelas. Beda sekali ketika saya yang pakai. Jadi parfum Chergui ini bisa dibilang tidak untuk semua orang. Selain tidak semua orang akan suka wanginya yang unik, tapi juga ternyata si Chergui ini rada milih-milih yaa... hehe Buktinya, dia lebih enak apabila dipakai my hubby dibanding saya yang pakai hihihi..




Projection, low to moderate.
Longevity, Great! This is beastmode, stayed for 10 hrs and more on my skin. Lasts all day but with little projection and minimal sillage.

Overall, Chergui ini adalah salah satu parfum dengan wangi unik yang cukup berat dan kompleks. Very niche scent. Dengan aroma campuran tembakau, jerami, amber, dan kayu cendana, serta sentuhan powdery bunga iris dan rose. I’m still not getting fully in love with this yet but I’m learning to like it more and more every time I wore it. Namun berhubung parfum ini wanginya jauh lebih enak apabila dipakai hubby dibanding saya yang pakai, maka akhirnya parfum ini saya hibahkan saja ke H :)


>> Apa sudah ada yang pernah coba Chergui ? Bagaimana pendapatmu ?




XoXo,




No comments:

Post a Comment