Tuesday, July 9, 2019

Serge Lutens Nuit De Cellophane



Serge Lutens Nuit De Cellophane edp
-------------------------------------------------

Nose | Perfumer : Serge Lutens

NOTES :
Mandarin Orange, Jasmine, Osmanthus, Green Notes, Fruity Notes, Lily, Carnation
Honey, Woody Notes, Almond, Musk 
------------------------------------------


My first Serge Lutens!
Serge Lutens ini termasuk salah satu parfum niche yang pertama saya coba. Tau Serge Lutens pun karena awalnya keseringan baca-baca website tentang parfum. Jadi untuk yang belum tahu, Serge Lutens ini nama orang lho ya. Beliau adalah seorang multi-talented artist yang karirnya meliputi fashion design, perfume design, hair styling, photography, dan juga film-making. Sebelumnya beliau pernah ber-kolaborasi dengan Shiseido dan dari situ lah namanya mulai dikenal orang. Serge Lutens ini adalah salah satu "niche perfume house" yang cukup punya nama di dunia per-parfum-an. Jadi kalau kalian lagi penasaran sama parfum niche alias parfum yang bukan "designer parfum" maka kalau lagi browsing kalian pasti akan menemukan nama Serge Lutens ini ;)

Saya sendiri selalu senang coba-coba parfum niche, karena biasanya wanginya nggak terlalu pasaran dan kadang walaupun wanginya "simple" tapi tetep ada unsur complexity-nya. That's why niche perfumes selalu di-appreciate lebih tinggi daripada designer perfume. Because they don't cater to mass-market seperti layaknya designer brands. Niche perfume pangsa pasarnya itu lebih khusus lagi, jadi biasanya yang tau tentang parfum-parfum niche ini hanya mereka yang memang perfume-enthusiast. Dan karena nggak banyak yang tau itulah makanya parfum niche cenderung lebih ekslusif dibanding designer perfumes yang banyak dijumpai di pasaran. Dan karena itu pula harga parfum niche lebih mahal dari parfum designer brand *cry cry* ..

Nuit de Cellophane Serge Lutens for women and men

Kembali kepada review parfum ini, jadi ini adalah parfum Serge Lutens yang pertama saya coba alias awal perkenalan saya pada Serge Lutens house. Karena parfum niche ini dulu sangat susah didapat di Indonesia maka saya nggak bisa pilih-pilih sesuka hati. Jadi basically "pokoknya yang ada aja" hehe.. Begitu liat ada sample Serge Lutens langsung saya beli karena belum tentu bisa nemu lagi di tempat lain. Nggak peduli yang varian apa, karena biasanya terbatas banget yang beredar di pasaran. Nah kebetulan waktu itu yang saya temukan ya si Nuit de Cellophane ini. 

And I fell in love with the first spray!! Oohhh.. akhirnya ku tau kenapa parfum niche itu "berbeda" 😝 This smells different and quirky but yet very gorgeous scent. Sewaktu mencium ini pada semprotan pertama, saya mendapati campuran aroma gourmand dan sweet candy yang berpadu jadi satu. Setelah saya pelajari notes-nya saya rasa yang saya cium itu adalah aroma campuran dari kacang almond, madu, dan bunga osmanthus. Saya langsung suka waktu pertama mencium aroma-nya. Sangat fun and flirty!

Di dalam wangi parfum tersebut juga ada aroma yang mengingatkan saya akan "plastik pembungkus sampul buku". Tau kan sampul plastik yang biasa buat bungkus buku baru? Nah saya langsung punya gambaran itu waktu mencium parfum ini. Eh nggak taunya maksud dari judul parfum ini  tuh memang ter-inspirasi dari "cellophane" alias plastik transparan. Lebih tepatnya sih ter-inspirasi dari plastik pembungkus buket bunga. Jadi mungkin itu yang saya cium dan kemudian saya interpretasikan dengan plastik sampul buku (kebetulan saya suka wangi buku atau wangi barang baru atau wangi toko hehe).



Anyway, keharuman sweet candy yang saya cium pertama tadi lumayan kencang pada awalnya, namun kemudian perlahan mulai berubah menjadi lebih lembut setelah kira-kira setengah jam kemudian. Berubah menjadi wangi yang lebih soft seperti velvety white florals yang menenangkan sekaligus memikat. Campuran wangi melati, anyelir, dan bunga lily yang sangat harum.

Beberapa orang menyebutkan kalau pada fase ini wanginya seperti shampoo, but honestly I don't remember any shampoo that smells like this hehe Menurut saya ini wanginya lebih kompleks dari sekedar wangi shampoo. Memang sih wanginya ada sedikit sentuhan "soapy" pada fase ini tapi menurut saya bukan seperti ketika kita mandi di bawah shower dan pakai sabun atau shampoo biasa, tapi lebih kepada wangi ketika kita berendam di bath tub penuh bunga :)

Oya, parfum ini punya "strong projection" pada awal mula saja. Wangi base notes nya baru muncul setelah beberapa jam kemudian. Wangi tebaran kelopak bunga yang lembut sekarang dibarengi dengan aroma musk yang creamy. Secara saya suka wangi musk maka saya awalnya mengharapkan wangi base notes yang lembut dan seperti menyelimuti dengan kehangatan. Tetapi kenyataannya wangi base notes pada Nuit De Cellophane ini cenderung "lemah", dan kombinasi musk dan woody tones di dalamnya tidak mampu membuat saya terasa seperti diselimuti oleh aroma yang indah dan hangat.


Untuk Sillage dan Projection, lumayan Strong pada 20 - 30 menit pertama, dan setelahnya memudar seiring pergantian aroma dari top notes ke middle notes. Setelah itu wangi-nya lebih menempel di kulit saja tanpa ada projection yang kuat.

Untuk ketahanan alias Longevity-nya lumayan Moderate lah. Setelah wanginya menempel di kulit maka akan tahan lebih lama. Saya masih bisa mencium jejak wangi-nya di pergelangan tangan saya setelah 6 - 7 jam kemudian.

Overall, Nuit De Cellophane is a soft velvety soapy white floral scent with sweet candy opening and creamy musk base that gets weaker by the end. But the first 4 - 5 hours was fantastic though !  (^__^)



XoXo,

No comments:

Post a Comment