Tuesday, December 17, 2019

Maison Francis Kurkdjian Baccarat Rouge 540

(image via google)

MFK Baccarat Rouge 540 edp
-------------------------------------------------

Nose | Perfumer : Francis Kurkdjian

NOTES :
Top - Jasmine, Saffron
Middle - Amberwood, Ambergris
Base - Cedar, Fir Resin
------------------------------------------


Saatnya review parfum paling populer abad ini hehehe...
Buat para perfume enthusiasts siapa sih yang nggak tau Baccarat Rouge 540. Parfum niche keluaran Maison Francis Kurkdjian ini mungkin adalah parfum yang paling hype dalam beberapa tahun terakhir ini semenjak tahun dikeluarkannya parfum ini yaitu tahun 2015. Dan parfum ini termasuk dalam kategori Unisex, alias cewe atau cowo bisa pake :)

Sebelumnya nama Francis Kurkdjian sudah dikenal lebih dulu sebagai "nose" beberapa parfum ternama klasik, dari mulai Elizabeth Arden Green Tea, Davidoff Cool Water, sampai JPG Le Male yang semuanya sangat populer dan best seller dimana mana.

Saya sendiri belum punya parfum full size nya Baccarat Rouge 540 ini (karena masih tahap nabung secara ini parfum mehong banget yes, namanya juga parfum niche 😛) jadi untuk sekarang saya cukup beli decant nya aja dulu. Inget ya beli decant nya di toko toko terpercaya aja, karena banyak toko online sekarang jual palsuannya Baccarat Rouge ini. Jadi walaupun decant tetep cari yang asli ya, masalahnya kalau udah keluar uang yang lumayan untuk decant tapi ternyata bukan dari parfum ori nya langsung kan rada sakit hati gitu yaa.. Gak enak sama dompet. Soalnya ini harga decant nya juga lumayan, beda ama harga decant parfum designer. So make sure pilih pilih dulu tokonya ya kalo mau beli decant nya.



Anyway, for the review itself : it smells divine! 
It’s magically simple and subtle yet loud and divine.
Wangi awalnya cukup unik, saya belum pernah cium aroma opening yang seperti ini sebelumnya (although I haven’t smelled that many perfumes but I do think that the opening is very different than most other perfumes). Wanginya fresh spicy yang kalau dihirup lebih dalam somehow mengingatkan saya sama ruangan dokter terutama kalau masuk ke ruangan dokter gigi hehe. It does have a refreshing quality to it with a blend of spice (from the saffron) and a little bit soft floral notes on the background that mellows it down a bit from being overly spicy. Intinya susah digambarkan dengan kata kata, fresh spicy scent yang sungguh unik dari hirupan pertama.

Kemudian setelah beberapa lama wanginya mulai tercampur dengan aroma middle notes nya yang terdiri dari Ambergris dan Amberwood. Pada fase ini saya bisa mencium wangi tembakau kering yang sepertinya dari Ambergris (karena wangi Ambergris - yang merupakan hasil dari muntahan paus ini - yang memang ternyata aroma nya seperti aroma tembakau kering, I like it!). Saya biasanya pasti suka parfum yang ada Ambergris nya, seperti Creed Aventus dan MFK Baccarat Rouge 540 ini. Di dalam campuran aroma parfum ini wangi dry tobacco nya di blend dengan kayu Amber alias Amberwood sehingga pada akhirnya muncul aroma dry tobacco yang lebih smoky dan woody. 

Pada fase inilah wanginya jadi sedikit maskulin karena ada unsur dry tobacco dan woody notes tadi, jadi saya akhirnya paham kenapa parfum ini adalah parfum unisex. Karena paduan aroma-nya yang unik menjadikan parfum ini nggak terlalu maskulin tapi juga nggak terlalu feminin, so it's a perfect balance in between.

Aroma kayu dan tembakau dari ambergris dilarutkan dengan wangi soft floral note dari Jasmine sehingga wanginya tidak terlalu maskulin. Dan sebaliknya wangi melati jasmine juga dibaur dengan rempah seperti saffron sehingga tidak terlalu feminin / manis bunga. So it doesn’t smell too girly or too masculine at all. It is really a gender-neutral fragrance. I definitely think both men and women can wear it. Both me and H wear this fragrance hehe.


The magical thing is : this seems like a transparent perfume, maksdunya kalau saya pakai ini kadang saya tidak bisa mencium wanginya setelah beberapa jam, padahal orang lain di sekitar saya masih mencium kuat wanginya. Sepertinya, aromanya tetap semerbak tanpa saya sadari. Saya pernah ngeluh di awal mencoba parfum ini, saya bilang ke suami saya "kok udah gak kecium ya wanginya padahal ini parfum harganya mahal banget". Eh suami malah heran, dia bilang "apanya yang gak kecium? Orang dari tadi kamu wangi banget gak ilang ilang wanginya nempel terus, you smell really good!". Waa... langsung sadar bahwa this perfume is like magic for me hehe.. Jadi kalau kamu coba parfum ini trus tiba tiba gak kecium lagi wanginya, percayalah kamu masih wangi kok. Yang lain tetap mencium aroma semerbak parfum ini walaupun kamu sendiri gak bisa menciumnya hehe..


Sillage : beast mode! 
Pas pertama kali coba pake parfum ini saya jalan melintasi ruang keluarga untuk masuk ke kamar, dan 30 menit kemudian H pulang kantor langsung masuk ruang keluarga, dan langsung nanya : "ini wangi apa? kok wangi ruangannya? Wanginya enak". Laahh padahal itu udah 30 menit lalu saya lewat situ dan asli cuma ngelewatin doang gak duduk gak ngapa ngapain, but he can still smell the perfume in that room! That is what this perfume can do, it's like magic I tell you! 😀

Projection : beast mode! 
Even my hubby can smelled it from another room!! Saya di kamar (pintu dibuka, dia di ruangan depan kamar, and he can smell it from out of the bedroom). This is crazy magic stuff!

Longevity : beast mode! 
It lasted and lasted and lasted.. even more than 12 hrs!

Damn this perfume really worth the hype! The projection, sillage, and longevity is something that I havent experienced from other perfumes (because somehow my skin doesnt projects peefume very much). But this one!! OMG now I want yo buy it, but it’s so expensive, cry cry .... 😭



XoXo,

No comments:

Post a Comment