Sunday, September 15, 2019

Maison Francis Kurkdjian - Aqua Universalis Forte


Image result for mfk aqua universalis advert

Maison Francis Kurkdjian Aqua Universalis Forte
-----------------------------------

Nose | Perfumer : Francis Kurkdjian

NOTES :
Top - Amalfi lemon, Bergamot
Middle - White flowers, Jasmine, Rose
Base - Musk, Woodsy Notes
------------------------------------------


Karena parfum niche itu terkenal muahall buangett jadi saya cuma mampu beli sample nya dulu hihihi Tapi karena parfum niche itu cenderung strong dan ibaratnya cuma pakai 2 spritz aja udah wangiii seharian (biasanya lho ya, kadang ada juga siy yang gak terlalu perform walaupun niche hehe), jadi satu sample aja bisa irit make nya hehehe..

Laluuu... apa sih parfum Niche itu ?
Berikut penjelasan yang saya kutip dari perfume.org :

"Artisanal perfume house whose production is on a much smaller scale, and whose presence in mainstream retail stores is minimal or non-existent, are thus referred to as niche. These are the scents you might likely find at a perfume specialist or high-end fragrance boutique"


Kalau pengertian saya, parfum niche biasanya punya "butik" sendiri atau tidak diperjual belikan secara ecer alias pemasarannya lebih ekslusif. Biasanya parfum niche itu memang perfume house yang mengkhususkan diri di pembuatan parfum, jadi tidak bikin produk lain seperti misalnya produk fashion dll. Contohnya Jo Malone, Serge Lutens, Creed, Amouage, dan lain sebagainya. Karena lebih ekslusif maka biasanya parfum niche ini cenderung lebih pricey alias mahal banget bok hehe.. Tapi aroma wanginya juga cenderung lebih kompleks dan nggak generik seperti misalnya designer perfumes. Ya ibaratnya ada harga ada barang gitu kali yee.. 😜

Sementara kalau Designer Perfumes itu adalah parfum keluaran designer brand yang banyak kita lihat di pasaran dan dijual di banyak tempat, misalnya di bagian parfum di dept store ternama semacam Metro, Sogo, dll. Contohnya : D&G Light Blue, Marc Jacobs Daisy, Gucci Bamboo, Estee Lauder Green Tea, Clinique Happy, dan banyak lagi yang lainnya yang intinya parfum keluaran designer atau brand fashion/beauty gitu.

Nah jadi kurang lebih udah mengerti lah ya bedanya niche sama designer perfumes.



Anyway, salah satu parfum niche yang sekarang lagi naik daun adalah House of Maison Francis Kurkdjian. Biasa disingkat MFK di kalangan perfumista, Francis Kurkdjian ini adalah seorang perfumer yang udah banyak ngeluarin mahakarya parfum-parfum legendaris, diantaranya : Elizabeth Arden Green Tea dan untuk parfum cowo nya : Jean Paul Gaultier Le Male.

Sekarang beliau bikin label parfum sendiri yaitu Maison Francis Kurkdjian, dan salah satu parfum keluaran labelnya yang sekarang lagi hype abis gara-gara banyak dipakai artis ibukota adalah Baccarat Rouge 540. Tapi saya nggak akan ngebahas Baccarat Rouge kali ini karena itu bukanlah perkenalan pertama saya dari MFK. Yang akan saya bahas kali ini adalah parfum niche keluaran MFK yang pertama kali saya cobain yaitu : Aqua Universalis Forte.



Launched in 2011.
Aqua Universalis Forte sesuai namanya adalah jenis parfum yang fresh dan clean (aquatic) with soapy undertones. Dimulai dengan pembukaan aroma buah citrus yang segar namun sedikit masam (dengan amalfi lemon dan bergamot alias jeruk nipis) yang bertahan lumayan lama. Kemudian pada middle phase wangi citrusy clean scent yang di fase awal tadi berbaur dengan aroma white florals yang sedikit powdery. Tidak lama kemudian muncul lah wangi aquatic yang fresh dan clean serta sedikit soapy, yang diimbuhi dengan aroma white floral yang lembut.

Dry down nya alias fase terakhir dari parfum ini sangat lembut dan bahkan cenderung lemah di kulit saya dibanding fase awal dan tengah tadi. Benar benar skin scent jatuhnya, alias wangi yang hanya menempel di kulit dan hanya bisa dicium apabila kita menaruh hidung kita ke dekat kulit.

Untuk Sillage nya cukup moderate dan Projection nya lumayan bagus di beberapa jam pertama saja. Sementara untuk Longevity nya kurang perform di kulit saya tapi lumayan lah bisa bertahan lebih dari 5 jam sebelum berubah menjadi skin scent. 


Overall, it's a good freshie-citrusy-white floral perfume tapi kalau untuk saya pribadi walaupun saya sungguh enjoy kesegaran parfum ini di beberapa jam pertama namun karena kurang perform di kulit / chemistry badan saya jadi saya tidak berniat untuk membeli full size nya (selain karena mihil banget juga sik hehe, I mean dengan harga segitu saya mending beli parfum niche lainnya yang lebih perform di saya. Begicuuu.... hehehe 😜).



XoXo,

No comments:

Post a Comment